Selasa, 11 April 2017

Pascaperistiwa Penyerangan terhadap Novel Baswedan


UNITED4D - Pascaperistiwa penyerangan terhadap Novel Baswedan, muncul wacana penambahan personel Polri untuk pengamanan pegawai KPK. Kapolda Metro Jaya mengatakan sudah mendiskusikan hal tersebut.
 
Baca Juga :

Kemenpora Mengingatkan Operator Kompetisi Liga 1


"Tadi kita diskusikan ada sekitar 20 orang akan kita tambahkan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan di RS Jakarta Eye Center, Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/4/2017).

Ia menambahkan, 20 personel tersebut bukan ukuran baku. Menurutnya, jumlah personel pengamanan dilakukan berdasarkan kondisi situasi di lapangan.

"Oh, nggak (20 orang per penyidik). Nanti per kegiatan. Kita situasional, ya. Yang jelas, kita akan lakukan pengamanan maksimal kepada penyidik KPK untuk bisa bertugas dengan tenang," ucapnya.

Terkait pengamanan terhadap Novel, Iriawan mengatakan sudah menanyakan kebutuhan tersebut kepadanya. Biasanya ada dua-tiga anggota Polri yang berjaga di rumahnya.

Namun belakangan, Novel meminta penjagaan tersebut tidak dilakukan. Iriawan sempat mengingatkan perihal keamanan Novel karena penyidik senior KPK ini tengah menangani kasus-kasus besar.

"Nggak juga (selalu berjaga di rumah). Kan, sudah beberapa kali saya sampaikan kepada Saudara Novel untuk perlukah pengamanan di rumahnya? Biasanya ada, dua-tiga anggota di sana. Tapi belakangan, beberapa saat ini, yang bersangkutan meminta supaya tidak usahlah. Karena mungkin tidak nyaman juga yang bersangkutan ada anggota di sana," tutur Iriawan.

"Seminggu sebelum kejadian, saya sampaikan juga agar waspada karena sedang menangani beberapa permasalahan yang ada. Tapi itu belum tentu ke sana juga, ya. Pada saat pagi tadi memang tidak ada (pengamanan). Karena yang bersangkutan memang meminta tidak usah," sambungnya.

Iriawan mengatakan, ke depannya, ia akan melihat perkembangan soal kemungkinan adanya personel Polri yang terus siaga menjaga Novel. Namun, ia memastikan, anggota sudah berjaga di kediaman Novel.

Di lokasi yang sama, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan soal wacana penambahan personel pengamanan untuk penyidik KPK akan kembali dibicarakan. Dia mengatakan ada klasifikasi khusus yang akan mendapatkan pengamanan ekstra seperti satgas yang menangani kasus besar.

"Nanti akan bicarakan dengan jelas. Tentu tidak semua penyidik tidak perlukan itu SOP (standard operating procedure). Kapolda akan atur semua," ujar Basaria. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar